Tips dan Trik Dalam Memfoto Makanan Agar Terlihat Cantik

Tips dan Trik Dalam Memfoto Makanan Agar Terlihat Cantik

Poshtography By Simone – Saat ini fotografi makanan atau Food Photography mulai di sukai oleh kalangan fotografer. Banyak perusahaan-perusahaan makanan yang mecari gambar untuk katalog, majalah, atau promosi mereka. Sementara itu para fotografer makanan ini memiliki kebebasan dalam mengekspresikan karya mereka. Jika pada teori dasar fotografi kita berbicara soal detail untuk memperkuat inti cerita dalam gambar, maka untuk foto makanan ini agak sedikit berbeda. Tujuan dari fotografi makanan ini adalah untuk memikat selera para tamu-tamu restoran ataupun tempat makan lainnya. Apa saja trik yang digunakan untuk memfoto makanan agar terlihat cantik? Yuk kita lihat pembahasan dibawah ini.

1. Deodoran Membuat Buah Lebih Berkilau

Deodoran Membuat Buah Lebih Berkilau

Deodoran Membuat Buah Lebih Berkilau

Mengapa buah-buahan dalam gambar sebuah promosi terlihat selalu bersinar dan mengkilap? Hal ini tidak membutuhkan sebuah peralatan lighting yang mahal untuk mendapatkan hasil gambar buah-buahan seperi itu. Anda cukup menyemprotkan Deodoran ke objek buah anda sebelum melakukan pengambilan gambar. Beberapa fotografer dunia ada juga yang menggunakan hairspray untuk mendapatkan kilauan yang diinginkan.

2. Oli Mesin Pengganti Sirup Untuk Pancake

Oli Mesin Pengganti Sirup Untuk Pancake

Oli Mesin Pengganti Sirup Untuk Pancake

Sirup pancake biasa terlalu cepat terserap oleh permukaan pancake hal ini membuat hasil pengambilan gambar menjadi kurang menarik. Para fotografer profesional biasanya mengganti sirup dengan oli mesin yang masih baru. Keduanya memiliki warna yang identik dan oli memiliki kekentalan yang cukup pekat sehingga permukaan pancake tidak bisa menyerap dengan cepat. Bisa juga menggunakan semprotan water-repellent untuk menyiptakan lapisan pelindung agar pancake tidak terlalu cepat dalam menyerap sirupnya.

3. Semir Sepatu Membuat Burger Lebih Berwarna

Semir Sepatu Membuat Burger Lebih Berwarna

Semir Sepatu Membuat Burger Lebih Berwarna

Para fotografer profesional biasanya menggunakan semir sepatu untuk membuat warna burger terlihat lebih cerah. Mereka mengoleskan semir sepatu ke daging, dan roti dari burger itu sendiri. Hasil olesan tersebut membuat warna daging dan roti menjadi lebih kuat dalam lensa kamera.

4. Makanan Laut Terlihat Lebih Segar Dengan Gliserin

Makanan Laut Terlihat Lebih Segar Dengan Gliserin

Makanan Laut Terlihat Lebih Segar Dengan Gliserin

Para fotografer profesional biasanya mencampurkan air dengan gliserol untuk membuat seafood terlihat lebih segar.

5. Sirup Glukosa Untuk Membuat Mie Terlihat Bahas

Sirup Glukosa Untuk Membuat Mie Terlihat Bahas

Sirup Glukosa Untuk Membuat Mie Terlihat Bahas

Para fotografer siapa mengoleskan sirup glukosa jika mereka ingin memfoto objek makanan mie. Karena mie setelah selesai dimasak akan cepat kering jika di diamkan untuk beberapa menit. Maka dari itu sirup glukosa menjadi pilihan fotografer profesional dalam memfoto objek makanan mie.

6. Kardus Untuk Membuat Kue Selalu Mengembang

Kardus Untuk Membuat Kue Selalu Mengembang

Kardus Untuk Membuat Kue Selalu Mengembang

Untuk menjaga kue tetap mengembang, biasanya kardus dan tusuk gigi digunakan oleh fotografer. Trik ini dilakukan dengan memotong kardus menjadi beberapa bagian dan menyerupai bentuk dari kue. Lalu tusuk gigi digunakan untuk mengganjal kue-kue tersebut dan membuat bentuk kue tersebut tetap mengembang.

7. Sabun Cair Untuk Busa Atau Buih

Sabun Cair Untuk Busa Atau Buih

Sabun Cair Untuk Busa Atau Buih

Demi menciptakan busa yang stabil dan tidak mudah hilang dalam sesi pengambilan gambar minuman, sabun cair menjadi pilihan untuk membuat busa.

8. Kentang Tumbuk Menjadi Pengganti Es Krim

Kentang Tumbuk Menjadi Pengganti Es Krim

Kentang Tumbuk Menjadi Pengganti Es Krim

Biasanya proses pengambilan gambar sebuah objek akan mengambil waktu yang sangat lama. Maka dari itu fotografer biasanya menggunakan kentang yang ditumbuk untuk dijadikan es krim. Karena es krim akan cepat meleleh jika berada diluar suhu bekunya. Kentang tumbuk yang diberi pewarna dan buah-buah akan terlihat seperti Es Krim.

9. Krim Pencukur Sebagai Ganti Whipped Cream

Krim Pencukur Sebagai Ganti Whipped Cream

Krim Pencukur Sebagai Ganti Whipped Cream

Krim pencukur dapat digunakan sebagai whipped cream. Karena krim pencukur tidak meleleh jika dibiarkan agak lama.

10. Membuat Ayam Agar Terlihat Sangat Berisi

Untuk mengambil foto ayam atau ikan, para fotografer tidak pernah memanggangnya terlebih dhaulu. Mereka hanya memanaskan sebenar lalu di cat. Untuk membuat ayam terlihat lebih berisi, mereka menaruh handuk atau kertas didalamnya.

Tahukan anda bahwa trik-trik tersebut digunakan oleh fotografer yang menerima tawaran untuk membuat sebuah foto dengan makanan. Seperti Perusahaan Domino qq Pizza yang bisa anda bagaimana tekstur makanan tersebut terkadang agak berbeda dari yang di hidangkan. Karena dalam dunia fotografi, trik apapun akan dilakukan agar mendapatkan hasil gambar yang di inginkan.